Abu Bakar, Yunus (2017) Filsafat pendidikan Islam. [Teaching Resource]
Filsafat Pendidikan Islam.pdf
Download (1MB)
Abstract
Mata kuliah Filsafat Pendidikan Islam harus dikaji secara holistik, baik dari aspek keilmuan yang menjadi konsen dari sebuah perkulihan, tetapi juga aspek karakter yang harus dieksplorasi untuk dijadikan landasan pembentukan karakter guru kelas. Secara kelakar kami sampaikan kepada para mahasiswa yang belajar matakuliah ini, bahwa: Apabila para mahasiswa telah mempelajari mata kuliah Filsafat Pendidikan Islam tanpa ada persepsi terhadap dirinya saat menjadi guru, maka perkulihan dengan mata kuliah ini dianggap gagal. Tetapi, apabila para mahasiswa setelah mempelajari matakuliah ini kemudian berkesimpulan bahwa menjadi guru agama itu sulit dan berat, menjadi guru mempunyai beban yang luar biasa. Kalimat tersebut menandakan bahwa proses pembelajaran matakuliah ini dianggap berhasil. Kenyataan tersebut terjadi oleh karena Filsafat Pendidikan Islam tidak sekedar matakuliah yang dipelajari secara ilmiah saja, tetapi juga menjadi pedoman berperilaku dalam mengajar.
Item Type: | Teaching Resource |
---|---|
Creators: | Creators Email ["eprint_fieldname_creators_NIDN" not defined] Abu Bakar, Yunus elyunusy@gmail.com 2015026502 |
Uncontrolled Keywords: | Konsep Filsafat Pendidikan Islam; KOnsep ontologi pendidikan Islam; Konsep Epistimologi pendidikan Islam |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified |
Divisions: | Karya Ilmiah > Buku Ajar |
Depositing User: | Nurul Hidayah |
Date Deposited: | 11 Oct 2021 02:30 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 02:30 |
URI: | http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/1438 |