Alwy, Susiati (2011) Perguruan Tinggi dan pendidikan multikultural. Tribakti - Jurnal Kebudayaan dan Keislaman, 22 (2). pp. 185-202. ISSN 1441-9919
Susiati Alwy_Perguruan Tinggi dan pendidikan multikultural.pdf
Download (2MB)
Abstract
Indonesia adalah Negara multikultural terbesar di dunia. Hal ini dapat dilihat dari kondisi soso-kultural mau pun geografis yang begitu luas dan beragam. Maka PAI diarahkan untuk rnencegah munculnya berbagai benturan dan kompetisi berdasarkan pluralisme budaya, agama, suku, dan ras. Pendidikan multikultural, pada PAI berkenaan dengan konsep keragaman etnis dan pengaruhn ya, dimana dapat ditarik kesimpulan bahwa; perbedaan itu tidak menjadi masalah dan berjalan dengan baik dan rukun. Pengembangan pendidikan multikultural dapat dilakukan secara makro dan secara mikro. Secara keseluruhan materi PAI dapat diarahkan untuk menumbuhkan sikap sating menghargai, toleransi antar etnis antar agama dan lain sebagainya. Metode diskusi dimaksudkan untuk melatih berbicara, melatih berpendapat, mengungkapkan isi hatinya dan mampu mengembangkan dialektika secara kritis. Ada keberimbangan antara ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotorik.
Item Type: | Article |
---|---|
Creators: | Creators Email NIDN Alwy, Susiati susiatialwy@gmail.com 2010125603 |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan multikultural; konsep keragaman etnis |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified |
Divisions: | Pascasarjana > Prodi Doktor Studi Islam (DSI) |
Depositing User: | Abdun Nashir |
Date Deposited: | 08 Oct 2021 03:06 |
Last Modified: | 08 Oct 2021 03:06 |
URI: | http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/1408 |