Alfin, Jauharoti (2013) Analisis kesalahan berbahasa Arab sebagai bahasa asing mahasiswa Kelas Bahasa Indonesia Jurusan PGMI IAIN Sunan Ampel Surabaya. Madrasatuna : Jurnal Pengembangan Madrasah Ibtidaiyah, 4 (2). pp. 27-40. ISSN 2087-2631
Jauharoti Alfin_Analisis kesalahan berbahasa Arab sebagai bahasa asing mahasiswa.pdf
Download (1MB)
Abstract
Bahasa Indonesia yang bermutu ialah bahasa Indonesia yang bersih dari kesalahan, baik kesalahan kaidah, logika maupun budaya. Dari beberapa karangan yang dianalisis oleh peneliti, ternyata mahasiswa tidak terlepas dari kesalahan kaidah tata bahasa. Untuk itu penulis menganggap perlu melakukan analisis yang berhubungan dengan "Analisis Kesalahan Berbahasa Arab sebagai Bahasa Asing Mahasiswa Kelas Bahasa Indonesia Jurusan PGMI IAIN Sunan Ampel Surabaya" dengan tujuan untuk mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan dalam penyusunan kalimat efekif. Analisis ini mengkaji kesalahan berbahasa Arab yang kerap kali dijumpai di kalangan mahasiswa kelas Bahasa Indonesia jurusan PGMI IAIN Sunan Ampel Surabaya pada semester 1: baik dari aspek fonologi, morfologi, sintaksis, juga diskursus/wacana berbahasa. Pendekatan yang digunakan dalam analisis ini ialah pendekatan kualitatif, sedangkan jenis analisisnya adalah analisis dokumen. Data dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif dari segi penyajiannya dan metode isi dari segi analisis. Hasil analisis berupa perian dan perbaikan kesalahan penggunaan kalimat efektif yang telah dianalisis pada bagian pembahasan.
Item Type: | Article |
---|---|
Creators: | Creators Email ["eprint_fieldname_creators_NIDN" not defined] Alfin, Jauharoti alfin@uinsby.ac.id 2006067301 |
Uncontrolled Keywords: | Bahasa Arab; Bahasa Asing |
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200401 Applied Linguistics and Educational Linguistics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Abdun Nashir |
Date Deposited: | 30 Sep 2021 04:42 |
Last Modified: | 30 Sep 2021 04:42 |
URI: | http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/1278 |