استخدام افلام الكرتون العربية في تعليم مهارة الاستماع

Hanifah, Umi (2014) استخدام افلام الكرتون العربية في تعليم مهارة الاستماع. Nun wa al-Qalam, 8 (2). pp. 157-167. ISSN 1979-3359

[thumbnail of Umi Hanifah_استخدام افلام الكرتون العربية في تعليم مهارة الاستماع.pdf] Text
Umi Hanifah_استخدام افلام الكرتون العربية في تعليم مهارة الاستماع.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dalam pembelajaran bahasa Arab, terdapat empat ketrampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh setiap pembelajar bahasa, yaitu ketrampilan mendengar (al Istima;, berbicara (al Kalam), membaca ( al Qira'ah), dan menulis (al Kitabah). Sementara asumsi berkembang di tengah masyarakat bahwa belajar bahasa Arab masih dianggap sulit. Oleh karena itu, guru bahasa Arab harus mampu menemukan metode dan media yang tepat dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab. Dengan demikian, strategi dan media pembelajaran yang diterapkan oleh guru bahasa Arab mampu menciptakan kondisi belajar yang menyenangkan, sehingga siswa dengan mudah dapat memahami materi pembelajaran. Ketrampilan menyimak adalah kemampuan seseorang dalam mencerna atau m,emahami kata atau kalimat yang diujarkanoleh mitra bicara atau media tertentu. Kemampuan ini dapat dicapai dengan latihan terus menerus dengan mendengarkan perbedaan bunyi unsur-unsur kata (fonem) dengan unsur0unsur lainnya menurut makhraj huruf yang tepat, baik melalui penutur asli ataupun melalui rekaman sebagai media pembelajaran,. Dalam artikel ini, penulis membahas tentang penggunaan film kartun berbahasa Arab sebagai media pembelajaran istima', yang didalamnya juga membahas tentang apa itu maharah istima' dan bagaimana penggunaan media film kartun berbahasa Arab dalam pembelajaran istima'. Diharapkan tulisan ini dapat memberi sumbangsih dalam menjawab masalah-masalah yang berkaitan dengan pembelajaran bahasa Arab, khususnya pembelajaran istima'

Item Type: Article
Creators:
Creators
Email
NIDN
Hanifah, Umi
umihanifah78@yahoo.com
2028097802
Uncontrolled Keywords: Al Istima; listening; Arabic cartoon film
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021406 al-Lughah al-'Arabiyyah li Aghradh al-Khash (Arabic for Specific Purposes)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Abdun Nashir
Date Deposited: 28 Sep 2021 04:20
Last Modified: 28 Sep 2021 04:20
URI: http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/1256

Actions (login required)

View Item
View Item