Layanan pembelajaran untuk anak Inklusi: memahami karakteristik dan mendesain pelayanan pembelajaran dengan baik

Prasetya, Hendra and Rahman, M. and Adityawati, Ika Agustin and Islamiyah, Umi Kolifatul (2018) Layanan pembelajaran untuk anak Inklusi: memahami karakteristik dan mendesain pelayanan pembelajaran dengan baik. Dwiputra Pustaka Jaya Sidoarjo. ISBN 978-602-6604-36-1

[thumbnail of Hendra Prasetya_Layanan Pembelajaran untuk Anak Inklusi.pdf] Text
Hendra Prasetya_Layanan Pembelajaran untuk Anak Inklusi.pdf

Download (4MB)

Abstract

Menjadi orang tua yang tahu siapa anak sesungguhnya akan memudahkan mereka bagaimana melayani kebutuhanindividu mereka. Setiap orangtua menginginkan anaknya tumbuh dan berkembang menjadi anak yang baik, tahu membedakan yang baik dan benar, dan tidak mudah terjerumus dalam hal-hal yang merugikan dirinya sendiri maupun orang lain. Semua keinginan ini bisa lebih mudah terwujud jikam orangtua sadar bahwa mereka dibutuhkan dalam proses perkembangan moral dan mental anak. Harapan-harapantersebut lebih mudah terwujud lagi apabila sejak semula, orang tua telah menyadari akan peranan mereka sebagai orangtua yang besar pengaruhnya terhadap perkembangan moral anak. Perkembangan moral anak lebih banyak dipengaruhi oleh lingkungan. Nilai-nilai moral yang dimiliki anak merupakan hasil yang diperoleh anak dari luar dirinya, Anak belajar dan diajar oleh lingkungan tentang bagaimana ia harus berperilaku yang baik dan buruk. Lingkungan ini adalah semua yang berada di luar diri anak, seperti orangtua, saudarasaudara, teman, guru dan masyarakat. Orangtua (keluarga) adalah dunia pertama yang anak lihat dan temui. Anak belajar banyak dari keluarga sebelum ia keluar kedunia yang lebih luas. Ingat bahwa apa-apa yang sudah matang pada masa remaja adalah hasil dari proses belajar anak ketika masa kecilnya. Anak belajar bertingkah laku dengan meniru atau melihat bagaimana orangtuanya berperilaku. Ini tidak berarti orangtua merupakan faktor penentu bermoral atau tidaknya seorang anak, tetapi orangtua bertugas untuk mengarahkan anak untuk menjadi anak yang bermoral atau tidak.

Item Type: Book
Creators:
Creators
Email
["eprint_fieldname_creators_NIDN" not defined]
Prasetya, Hendra
-
-
Rahman, M.
-
-
Adityawati, Ika Agustin
-
-
Islamiyah, Umi Kolifatul
-
-
Contributors:
Contribution
Name
Email
Editor
Rusydiyah, Evi Fatimatur
evi_fatimatur@yahoo.com
Uncontrolled Keywords: ABK; anak berkebutuhan khusus; pendidikan inklusi
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130310 Maori Education (excl. Early Childhood and Primary Education)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Samidah Nurmayuni
Date Deposited: 27 Sep 2021 03:55
Last Modified: 27 Sep 2021 03:55
URI: http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/1218

Actions (login required)

View Item
View Item