Mukaffa, Zumrotul (2018) Guru Sufi: menelusuri jejak gerakan pendidikan tasawuf KH. Moch. Djamaluddin Ahmad. UIN Sunan Ampel Press Surabaya. ISBN 978-602-332-084-4
Zumrotul Mukaffa_Guru Sufi.pdf
Download (10MB)
Abstract
Buku ini juga memberi penegasan betapa penting mencari dan memilih guru yang tepat, sehingga amaliyah tasawuf yang ditekuni oleh pengamalnya tetap selaras dengan syari’at Allah SWT. Sebagaimana diulas dalam buku ini, tidak diperbolehkan sama sekali memilih guru secara serampangan dan apalagi mengamalkan tasawuf tanpa dibawah bimbingan seorang guru. Pengamal tasawuf atau mereka yang bersungguh-sungguh hendak mendekatkan diri kepada Tuhannya, maka guru yang membimbingnya haruslah mumpuni kapasitas pemikiran dan pengetahuan dalam bidang syari’at yang dilukiskan dengan “tabahhur fi al-syari’ah”. Pengetahuan seorang guru bagaikan lautan yang sangat dalam dan luas nyaris tak bertepi. Syeikh Abdul Qadir al-Jilani, Syeikh Abu Hasan al-Syadzili, Ibnu Atha’illah al-Sakandari, dan masih banyak guru sufi teladan lainnya yang tidak diragukan kedalaman dan keluasan ilmu syari’atnya. Melalui guru yang tepat, pengamal tasawuf akan mendapat bimbingan untuk melakukan pendakian menuju kesejatian kedekatan pada Allah SWT.
Item Type: | Book |
---|---|
Creators: | Creators Email NIDN Mukaffa, Zumrotul zumrotul_mukafah@yahoo.com 2015107003 |
Contributors: | Contribution Name Email Editor Mustofa, Habib - Editor Muntaha, Muntaha - |
Uncontrolled Keywords: | Guru sufi; gerakan pendidikan tasawuf; KH. Moch. Djamaluddin Ahmad |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2202 History and Philosophy of Specific Fields > 220202 History and Philosophy of Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2203 Philosophy > 220315 Philosophy of Religion |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Samidah Nurmayuni |
Date Deposited: | 24 Sep 2021 01:09 |
Last Modified: | 24 Sep 2021 01:09 |
URI: | http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/1184 |