Alisa, Alfina (2016) Program pelatihan motivasi, wawasan dan ketrampilan untuk anak Sekolah Dasar di komunitas belajar All Kids. In: Collaborative Creation Leads to Sustainable Change ICON UCE 2016, 2-5 Agustus 2016, Surabaya Indonesia.
Alisa Alfina.pdf
Download (403kB)
Abstract
Komunitas Belajar All Kids adalah sebuah tempat belajar diluar jam sekolah yang diberikan secara gratis untuk anak usia dini (AUD) usia 3 tahun sampai dengan anak usia sekolah dasar (SD) kelas 6. Semua peserta belajar adalah anak-anak yang memilki latar ekonomi kurang mampu. Keberadaan All Kids ternyata mendapat respon yang positif dari masyarakat, ditunjukkan dengan bertambahnya anak-anak yang ikut bergabung. Hal ini juga menunjukkan bahwa masyarakat dari kalangan tidak mampu sebenarnya sudah memiliki kesadaran akan pentingnya pendidikan. Mereka rata-rata sangat mendukung dan antusias anak-anaknya belajar di Komunitas Belajar All Kids. Selama proses belajar ditemukan, bahwa anak-anak yang masuk dalam komunitas belajar All Kids ternyata memiliki keberagaman yang terdiri dari kemampuan dalam merespon materi pembelajaran, kemampuan membaca misalnya kelas 3 SD belum bisa membaca, bersosialisasi, memotivasi diri, kurangnya wawasan sehingga menimbulkan rasa rendah diri.. Keberagaman lainnya adalah masalah latar belakang kehidupan sosial orangtua mereka. Hal tersebut memotivasi dan menginspirasi untuk membuat sebuah program pendidikan informal yang bisa memberikan tambahan motivasi, memiliki tambahan wawasan dan ketrampilan, sehingga bisa mendukung pembelajaran formal di sekolah dan menigkatkan rasa percaya diri
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Creators: | Creators Email ["eprint_fieldname_creators_NIDN" not defined] Alisa, Alfina UNSPECIFIED UNSPECIFIED |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling |
Depositing User: | Ummi Rodliyah |
Date Deposited: | 19 Sep 2021 04:47 |
Last Modified: | 19 Sep 2021 04:47 |
URI: | http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/1079 |