Reaktualisasi pemikiran Ibn Taimiyyah : kunci sukses pendidikan masa kini

Rosyid, Ahmad Dimyati (2004) Reaktualisasi pemikiran Ibn Taimiyyah : kunci sukses pendidikan masa kini. Roddas Media, Surabaya. ISBN 979-9493-69-2

[thumbnail of Ahmad Dimyati_Reaktualisasi pemikiran Ibn Taimiyyah kunci sukses pendidikan masa kini.pdf] Text
Ahmad Dimyati_Reaktualisasi pemikiran Ibn Taimiyyah kunci sukses pendidikan masa kini.pdf

Download (21MB)

Abstract

Hingga saat ini model pendidikan di Indonesia masih banyak yang mengacu dan mengadopsi teori-teori pendidikan Barat yang lebih menekankan pada rasionalitas. Buntutnya terasa ada pemisahan antara pengetahuan dan nilai-nilai moral. Sementara itu sistem persekolahan kita juga masih ambivalen, dengan masih adanya dikotomi pesantren dan sekolah umum di mana masing-masing lembaga tersebut mengutamakan satu aspek dan kurang menggarap aspek lainnya. Ketimpangan seperti itu perlu segera dibenahi. Sudah saatnya kita menoleh ke pemikiran Timur, menggali kembali model-model pendidikan dari pemikir Muslim, seperti Ibn Taimiyyah (1263 M -1328 M). Banyak konsep lama dari pemikir asal Harran - Syria ini justru relevan untuk menjawab tantangan pendidikan di era global ini. Di mata Ibn Taimiyyah antara iman, ilmu, dan amal haruslah menjadi satu kesatuan, bukan terpisah-pisah. Demikian juga proses pembelajaran antara akal dan fisik hendaknya serempak. Pendidikan semestinya bersumber pada Al-Qur’an dan As-Sunnah, sebab tujuan akhir pendidikan adalah sejalan dengan tujuan penciptaan manusia: menjadi abdi Allah. Untuk itu Ibn Taimiyyah menawarkan teori malakah dan Tadarruj. Belajar tidak lain adalah proses pencapaian malakah, mencapai semacam pencerahan. Tetapi malakah tidak sekadar pencerahan kognitif tetapi juga meliputi ranah afektif, psikomotor, konasi, dan iman. Sebuah pencerapan yang betul-betul mengakar dalam jiwa.

Item Type: Book
Creators:
Creators
Email
["eprint_fieldname_creators_NIDN" not defined]
Rosyid, Ahmad Dimyati
UNSPECIFIED
2016036301
Uncontrolled Keywords: Pemikiran ibn Taimiyyah; pendidikan masa kini
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2202 History and Philosophy of Specific Fields > 220207 History and Philosophy of the Humanities
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2203 Philosophy > 220314 Philosophy of Mind (excl. Cognition)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Hary Supriyatno
Date Deposited: 15 Sep 2021 00:42
Last Modified: 15 Sep 2021 00:42
URI: http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/1010

Actions (login required)

View Item
View Item