Rusydiyah, Evi Fatimatur (2017) Konstruksi sosial pendidikan pesantren: analisis pemikiran Azyumardi Azra. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5 (1). pp. 21-43. ISSN 2527-4511
Evi Fatimatur Rusydiyah_Konstruksi sosial pendidikan pesantren.pdf
Download (914kB)
Abstract
Pesantren telah dianggap sebagai model institusi pendidikan yang memiliki keunggulan baik dari aspek tradisi keilmuan dan internalisasi moralitas umat Islam. Saat ini, pesantren terus berbenah dan mempersolek diri. Di sisi lain, banyak pihak mengadopsi unsur positif dalam diri pesantren. Pesantren menumbuhkan apresiasi yang sepatutnya terhadap semua perkembangan yang terjadi di masa kini dan mendatang. Proses mengambil dan memberi secara sosiologis dan antropologis ini merupakan konstruksi sosialnya. Penelitian kepustakaan ini bertujuan untuk mendekripsikan dinamika pendidikan Islam, khususnya menyorot konstruksi sosial pesantren dalam pandangan Azyumardi Azra. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa pesantren sangat piawai berdialektika dengan tesis budaya yang saling bertentangan dan melahirkan sintesis konstruksi sosial baru. Pesantren juga merupakan institusi sosial yang paling kreatif dan inovatif Karena falsafahnya: al-muhafadhu ‘alal qadimis sholeh wal akhdu bil jadidil ashlah (memelihara tradisi lama yang baik dan mengambil tradisi baru yang lebih baik). Hal ini juga menghadirkan nilai-nilai agama sebagai bobot atas sejumlah karya pendidikan, ekonomi dan budaya pesantren.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | http://jurnalpai.uinsby.ac.id/index.php/jurnalpai/article/view/94 |
Creators: | Creators Email NIDN Rusydiyah, Evi Fatimatur evifatimatur@uinsby.ac.id 2027127301 |
Uncontrolled Keywords: | Pesantren; Azyumardi Azra; Pendidikan Islam |
Subjects: | 12 BUILT ENVIRONMENT AND DESIGN > 1201 Architecture > 120110 Architecture of Building for Educational and Research Purposes > 12011007 Pesantren (Islamic Boarding School) |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi |
Depositing User: | Abdun Nashir |
Date Deposited: | 14 Sep 2021 13:12 |
Last Modified: | 18 Sep 2021 15:46 |
URI: | http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/1001 |